>>>>>>Cara mendapatkan uang dari Internet>>>>>.

Pengenalan Jaringan Komputer

PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER


Pengenalan jaringan komputer
Jaringan komputer adalah hal yang sering kita dengar dalam kehidupan kita sekarang ini, Terutama di dunia perkantoran. Bukan hanya di perusahaan atau perkantoran bisnis besar saja. Oleh karena itu sebagai seorang pribadi yang hidup dijaman yang serba komputerisasi ini perlu adanya Pengenalan Jaringan Komputer yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan baik untuk kebutuhan di rumah tangga atau bisnis kecil.

Pengertian Komputer

Komputer Adalah kumpulan perangkat yang saling berkaitan yaitu biasa di sebut CPU (COMPUTER PERANGKAT UNIT) komponen yang terdiri dari berbagai elemen seperti Prosesor, RAM, Monitor, Motherboard, software, Hardware dll.
Jaringan Komputer atau “computer networking” merupakan komponen inti dari jaringan komputer, karena jaringan komputer ini adalah komputer yang digabungkan dalam bentuk jaringan.

Saat ini computer menjadi barang yang telah terhubung dalam kehidupan manusia seperti halnya ponsel, mobil, motor dan sebagainya.
Hal ini merupakan sebuah hasil perubahan besar dunia teknologi dimana sebelumnya komputer hanya digunakan di dunia militer, kemudian di dunia bisnis, hingga akhirnya sampai kerumah-rumah sebagai computer personal (PC/Personal Computer)

Komputer telah berubah dari peranti yang hanya khusus untuk dunia bisnis hingga peranti serba guna yang dapat digunakan untuk multi kegiatan. Seperti melakukan komunikasi real time, streaming video dan audio dan dapat terkoneksi dengan internet yang memungkinkan komputer mengakses informasi dari seluruh dunia.

Komputer kini tak lagi Cuma dianggap sebagai alat untuk menghitung saja, Namun juga telah menjadi komponen integral untuk berkomunikasi, menikmati hiburan dan alat bantu pendidikan.
Semua kehebatan yang ditawarkan oleh komputer tersebut bisa terjadi karena adanya jaringan komputer. Dengan demikian, jaringan komputer memegang peranan penting dalam implementasi komputer.
Komputer sekarang ini tidak Cuma itu, perkembangan teknologi gadget dan komputer mini mulai membuat munculnya komputer-komputer tablet kecil yang lazim disebut pad-pad menggantikan smartphone
.
Saat ini komputer hebat seperti iPad, Samsung galaxy tab, playbook dari RIM pengembang Blackbarry, Dell Streak dan sebagainya sudah mulai menggantikan Smartphone.
Ini membuat jaringan komputer makin penting dimasa depan. Karena komputer sudah mulai mewarnai kehidupan sehari-hari manusia. Apalagi dengan hadirnya aplikasi social media seperti facebook, twitter, google plus, dan sebagainya, maka hampir bisa dipastikan tidak pegang komputer, tidak eksis!

Banyak ahli mendefinisikan arti jaringan komputer yang berbeda-beda, namun definisi tersebut umumnya mengandung arti yang sama.

Menurut Wikipedia arti dari jaringan komputer adalah :

Hubungan antara sekelompok komputer . Jaringan komputer antara lain dapat dikelompokan menurut beberapa hal, contohnya menurut sekalanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi :
Local Area Network (LAN)
Metropolitan Area Network (MAN)
Wide Area Network (WAN)

Adapun menurut Habraken, penulis buku Beginner’s Guide to Networking Jaringan komputer didefinisikan sebagai :

Jaringan computer bisa hanya berupa kumpulan beberapa komputer yang dikumpulkan dilokasi tertentu dan dihubungkan menggunakan media tertentu(seperti kabel jaringan atau teknologi wireless). Bahkan hingga jaringan besar seperti internet yang menggunakan berbagai media koneksi seperti microwave dan teknologi satellit. Jaringan komputer yang dibentuk akan bisa digunakan untuk memindahkan data, suara atau bahkan video antar komputer.



SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post