>>>>>>Cara mendapatkan uang dari Internet>>>>>.

Jaringan Komputer Adalah

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER ADALAH...

Jaringan komputer adalah
Jaringan komputer adalah sebuah jaringan komputer yang disusun rapih dan terdiri dari beberapa bagian yang pertama adalah komputer itu sendiri , dan yang lainya adalah media koneksi (seperti kabel tembaga, UTP,Coaxial, atau fiber optik) dan piranti lain seperti hub, switch dan router.
Tujuan membuat jaringan komputer adalah untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimilikinya.
Hal ini tidak terlepas dari apa kegunaan jaringan itu sendiri. Jaringan komputer bisa digunakan untuk melakukan tugas sederhana, seperti membagi printer, internet, hingga tugas yang agak sulit untuk aplikasi kasir  seperti point of sale dan video conference.
Semua jenis jaringan baik sekala kecil maupun besar biasanya dibuat agar bisa membagi resource dan berkomunikasi satu dengan lainya.
Berikut ini merupakan beberapa sebab mengapa diperlukan untuk membuat jaringan komputer :
1.       File sharing.
Jaringan komputer membuat user untuk saling berbagi file-file secara langsung. File yang terletak difolder tertentu bisa di share dijaringan atau diletakan defile server. Hasilnya server di komputer lain bisa mengaksesnya tanpa mengalami kesulitan karena seolah diakses dari komputer itu sendiri.
2.       Hardware sharing.
User bisa membagi peranti-peranti dikomputernya dalam jaringan. Misalnya peranti-peranti seperti printer, CD-ROM, dan Hardisk (user bisa mengalokasikan space tertentu di hard disk). Ketika dipasangkan didalam jaringan, komputer bisa men-share peranti-peranti dikomputer mereka yang memungkinkan pengguna komputer lain untuk mengakses peranti komputer tersebut seolah berada dikomputer mereka sendiri. Dengan paradigma seperti ini, penggunaa sebuah peranti akan lebih efisien. Misalnya sebuah printer bisa dipakai oleh banyak pengguna komputer yang terhubung kedalam jaringan komputer.
3.       Program Sharing.
Aplikasi – aplikasi tertentu bisa dijalankan dari komputer lain dijaringan yang sama. Biasanya file-file aplikasi pokok disimpan di server dari jaringan agar kemudian bisa diinstal melalui jaringan komputer. Hal ini membuat proses instalasi sebuah software dijaringan makin mudah. Hal ini juga membuat proses upgrade dan maintenance aplikasi diseluruh jaringan akan terasa gampang.

4.       Komunikasi.
Jaringan komputer memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan berbagai media, seperti : email, newsgroup,dan konferensi video. Hal ini dimungkinkan karena teks, suara, gambar, dan video dapat ditransmisikan di sepanjang jaringan komputer sebagai data. Komunikasi diatas dapat dilakukan dijaringan komputer lokal maupun internet. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi.

5.       Game Jaringan.
Walaupun hal ini sepertinya terlihat “terlalu sepele” namun game jaringan merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan didunia. Di Korea bahkan ada universitas yang khusus memiliki jurusan game programing, bahkan di ITB ataupun universitas lain di Indonesia juga mulai mengembangkan subjurusan ini. Di ITB ini dibawah sekolah Tekhnik Elektro dan Informatika. Game jaringan memang mengasyikan karena banyak orang bisa bermain game bersama-sama.

Selain itu, alasan penting kenapa sebuah jaringan dibuat adalah karena sebuah jaringan komputer akan mudah dihubungkan ke jaringan komputer lainya termasuk internet. Hal inilah kenapa di kantor-kantor dibuat jaringan komputer agar sebuah koneksi internet tunggal dapat memungkinkan semua komputer didalam jaringan untuk terhubung ke Internet.




SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post